Senin, 25 Juli 2011

contoh metode pengajaran listrik statis

Media Pembelajaran
Balon yang menarik dan menolak

  • Alat dan Bahan
~        Benang (tali)
~        Balon
~        Kain wol
~        Selembar kertas

  • Cara Kerja
1.      Tiuplah kedua balon sampai berukuran sama besar! Ikat kedua ujung balon dengan benang.
2.      Gosoklah salah satu balon dengan kain wol, kemudian lepaskan. Setalah itu, dekatkan kain wol bekas gosokan tadi pada balon tersebut. Perhatikan apa yang terjadi!
3.      Berikutnya gosok kedua balon dengan kain wol. Lakukan hal yang sama seperti yang terjadi pada langkah nomor 2. Setelah keduanya digosok, lalu angkat benang pada bagian tengahnya, dan biarkan balon turun ke bawah menuju lantai!
4.      Amatilah apa yang terjadi pada kedua balon tersebut! Apa kedua balon tersebut saling mendekat atau saling menjauh ?
5.      Sekarang, letakkan selembar kertas di antara dua balon. Amatilah apa yang terjadi pada kedua balon tersebut!





·      Hasil dan Kesimpulan (KONSEP)

Ketika kita mendekatkan balon yang telah digosok dengan kain wol maka terlihat balon menempel pada kain penggosok tersebut. Ketika dua balon tersebut digosok dengan kain yang sama kemudian didekatkan ternyata akan saling menjauh. Namun ketika di antara balon tersebut disimpan kertas makan kedua balon akan saling mendekat.
Balon yang telah digosok dengan kain wol akan menyimpan muatan negatif, sedangkan kain wol mwnjado muatan positif sehingga keduanya akan tarik menarik karena bberbeda muatan.
Balon yang sama – sama telah digosol oleh kain wol memperoleh muatan yang sama, yaitu bermuatan negatif. Muatan listrik dari tipe yang sama saling tolak – menolak. Itulah sebabnya kedua balon saling menjauh seperti pada gambar berikut
Saat kita menyelipkan kertas di antaranya, kedua balon akan saling mendekat menuju kertas. Kertas memiliki muatan listrik yang lebih positif. Muatan negatif dan positif dalam jumlah yang sama. Dalam kondisi tersebut, muatan positif pada kertas akan menarik muatan negatif pada balon.

Pertanyaan

1.      Apa yang terjadi jika salah satu balon digosok dengan kain wol ?
2.      Apa yang terjadi jika kedua balon digosok dengan kain wol ?
3.      Apa yang terjadi jika di antara balon diletakkan selembar kertas ?

JAWABAN
1.      Terlihat balon menempel pada kain penggosok tersebut.
2.      Ketika balon digosokkan dengan kain yang sama keemudian didekatkan ternyata akan saling menjauh.
3.      Ketika di antara balon diletakkan kertas maka kedua balon akan saling mendekat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar